Anak saya no 4 didiagnosa dokter kena bakteri staphylococcus, setelah diberi antibiotik amoxicilin dan salep gentamycin kalau tak salah memang berkurang dan tidak menjalar ke tempat lain, akan tetapi tak kunjung sembuh dengan sempurna. Aku lihat beberapa anak tetanggaku juga mengidap penyakit yang sama bahkan jauh lebih parah, karena ada di beberapa titik dan sudah agak melebar. (penyakit kulit ini memang menular dari lingkungan) Dalam hatiku Hana saja lama sembuhnya apalagi dia…, Ibu itu juga belum memeriksakan anaknya ke dokter dan tidak tahu juga penyakit apa yang diderita putrinya, kemudian saya terangkan berdasarkan pengetahuan saya dari dokter dan saya juga memberitahu obat yg saya dapatkan resepnya dari dokter.
Beberapa hari kemudian saya bertemu ibu dan anak itu dan melihat luka yang dulu basah kini sudah mengering dengan cepat, tidak seperti Hana yang lama keringnya sehingga bekasnya agak kehitaman. Saya sangat heran dan bertanya obat apa yang bisa begitu mujarab menyembuhkannya dengan begitu cepat, ternyata, minyak Tawon!!!
Aku tertawa dalam hati duh dokter-dokter ini kalah ide dan pengalaman juga dari ibu rumah tangga yang gak sekolah…..Karena aku memang sampai 2 kali ke dokter yang berbeda untuk penyakit ini.Yang pertama memberi salep Autogenta kalau tak salah dan yang kedua gentamycin berikut antibiotik juga.
Betul juga ya kalau dalam cerita Jang Geum katanya sejarah pengobatan di Cina itu memang dari ibu yang mengobati sendiri anak-anaknya….
Beberapa minggu berikutnya kini anak tetangga sebelah kiri rumah saya juga kena penyakit yang sama, sekarang yang saya anjurkan bukan obat dari dokter tapi obat dari Bu Mansyur he he…..